Pengaruh BTS Terhadap Kesehatan Manusia

Selama ini informasi terkait bahaya tidaknya menara BTS atau Base Transceiver Station berbahaya untuk kesehatan masih simpang siur. Benarkah tinggal di dekat tempat berdirinya BTS itu berbahaya?

Banyak rumor yang mengatakan bahwa seseorang yang tinggal di sekitar atau berdekatan dengan menara BTS sangat berbahaya karena ditakutkan akan terkena kanker.

Kanker tersebut muncul karena gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh BTS yang bersangkutan. Dari beragamnya informasi yang beredar di masyarakat dan masih belum ada keputusan dari pihak yang lebih berkompeten mengakibatkan banyak orang yang takut serta khawatir akan bahaya yang ditimbulkan oleh BTS.

Akan tetapi, menurut penelitian yang dilakukan oleh Nigerian Communications Commission yang berkolaborasi dengan African Economic Community of West Africa (ECOWAS), West African Regulatory Association (WATRA), Mobile Manufacturers Forum (MMF) dan GSM Association, menyatakan bahwa sampai sekarang belum ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa medan EMF (electro magnetic fields) berbahaya untuk manusia.

Hal tersebut didukung langsung oleh pernyataan dari Dr Emilie Van Deventer, Team Leader - Radiation Programme Department of Public Health and Environment dari World Health Organisation (WHO).

"Tidak ada bukti konkrit terkait yang disebabkan oleh medan frekuensi radio yang dikeluarkan baik oleh ponsel maupun dari BTS.

Namun sebuah penelitian lain yang pernah dilakukan oleh Dr Bruce Hocking dari Australia mengungkapkan bahwa anak-anak yang tinggal di dekat menara penyiaran (TV atau radio) yang juga mengeluarkan medan EMF, rentan terkena leukimia dua kali lebih besar dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal sekitar 7 mil jauhnya dari tempat tersebut.

Penelitian-penelitian lain yang juga pernah dilakukan oleh Dr Neil Cherry, seorang Biophysicist dari Lincoln University, New Zealand, Mariana Alves-Pereira , seorang ahli biologi, Dr Gerard Hyland, seorang fisikawan yang pernah dua kali dinominasikan mendapat nobel bidang kedokteran, Dr W Loscher, dari Institute of Pharmacology, Toxicology and Pharmacy di Veterinary School of Hannover Jerman sampai dengan organisasi bernama Mount Shasta Bioregional Ecology Center, menyatakan hal yang sama.

Karena masih belum adanya keputusan mengenai bahaya atau tidaknya medan elektromagnetik yang dikeluarkan oleh BTS terhadap orang-orang di sekitarnya, tetap melahirkan rasa khawatir bagi semua orang. Bagaimana menurut Anda?

Sumber: Wikipedia.org, Ittelecomdigest.com, Sixwise.com, Dot.gov.in


  • By Administrator
  • 16 Februari 2016
  • 814 views
  • bts,kesehatan

Our Contacts

PT. Picotel Nusantara
Jl. Prof. Lafran (RTM) No. 40 RT/RW. 005/11. Kelapa Dua - Tugu - Cimanggis - Depok - Jawa Barat, 16951.

P: +62 21 877 21789
Email
cs@picotel.co.id

Our Clients

Picotel | Telecommunication Services & IT Sollution